Top Menu

HOME        LAYANAN LES PRIVAT        PENGAJAR        TESTIMONI        TENTANG KAMI        LOWONGAN PEKERJAAN

Minggu, 13 Mei 2012

Memilih Bimbingan Belajar Privat Atau Semiprivat

Memilih Bimbingan Belajar Privat Atau Semiprivat

Les Privat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai les privat dan perbedaannya dengan les semiprivat (kelompok). Pada dasarnya bimbingan belajar baik les privat, les semiprivat, atau bimbingan belajar lainnya merupakan suplemen atau belajar tambahan yang mendukung kegiatan belajar utama yaitu belajar di sekolah. Beshasil atau tidak nya banyak faktor yang terlibat dan yang paling penting adalah sikap siswanya sendiri yaitu motivasi belajar dengan tekun. Motivasi ini dapat ditimbulkan juga oleh faktor eksternal diantaranya adalah kehadiran guru les privat dalam memberikan bimbingan belajar. Sehingga pemilihan metoda bimbingan belajar les privat atau les semiprivat harus juga memperhatikan metoda mana yang dapat memotivasi siswa.

Les Semiprivat (Kelompok)
Perbedaan yang mencolok antara les privat dan les semi privat adalah jumlah peserta/siswanya. Les privat hanya diikuti oleh seorang siswa saja sedangkan untuk les semiprivat lebih dari satu siswa, bisa 2 sampai 5 agar efektif. Setiap siswa memiliki psikologi yang berbeda-beda. Aspek psikologi anak/siswa ini lah yang harus pertama diperhatikan dalam menciptakan mood siswa agar termotivasi belajar dengan tekun

Jika psikologi siswa mempunyai type belajar penyendiri tanpa ada kehadiran teman-temannya, bahkan bisa saja kehadiran teman belajar dapat mengganggu. Sudah jelas untuk type siswa tersebuta adalah metoda les privat yang cocok. Lain halnya dengan siswa yang senangnya belajar bersama teman-teman, berdiskusi dan bermain.Dia lebih mengerti jika dijelaskan oleh taman sebaya nya, atau senang juga menjelaskan kepada temannya. Dalam kasus ini siswa harus memiliki parter dalam belajar, maka les semiprivat adalah metoda terbaik diterapkan dalam bimbingan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar