Top Menu

HOME        LAYANAN LES PRIVAT        PENGAJAR        TESTIMONI        TENTANG KAMI        LOWONGAN PEKERJAAN

Selasa, 29 Mei 2012

Problem Based Learning (PBL) Les Privat JEC Bandung & Keefisienan Les Privat

Bimbingan Belajar Reguler

Artikel ini merupakan kelanjutan Efisiensi Les Privat yang dihubungkan dengan metoda pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metoda ini dipilih oleh Les Privat JEC Bandung karena sangat cocok dengan layanan les privat yang flexible. Problem Based Learning (PBL) pada intinya memberikan materi pelajaran sesuai dengan kebutuhan bimbingan belajar siswa tersebut. Jadi tidak semua materi pelajaran diulang dan diberikan lagi di les privat, namun hanya materi yang dibutuhkan oleh siswa tersebut. Materi ini meliputi bab-bab dari suatu pelajaran yang siswa tidak mengerti atau lemah dari pemahaman materi bab tersebut.

Idealnya siswa setelah belajar di sekolah sudah mengerti semua materi pelajaran dan dapat nilai yang memuaskan ketika diujiankan. Siswa tidak kesulitan mengerjakan tugas & PR karena sudah faham akan materi yang diberikan di sekolah. Namun kondisi ideal ini hanya ditemukan dari siswa-siswa tertentu saja. Salah satunya adalah karena banyaknya materi yang harus difahami siswa. Pada kenyataannya hampir setiap siswa butuh bimbingan belajar untuk memahami seluruh materi pelajaran di sekolah dan untuk mengingkatkan prestasi. Bimbingan belajar ini bisa dilakukan oleh orang tua, sodara, atau lembaga bimbingan belajar yang menyediakan layanan bimbingan belajar.

Bimbingan belajar reguler memiliki ciri khas suasana sama seperti di sekolah. Kelas yang banyak siswa di dalamnya ruangan kelas mirip seperti sekolah dan memberikan hampir semua materi di sekolah. Materi ini baik yang siswa mengerti atau pun yang tidak mengerti.  Pada dasarnya kebutuhan bimbingan belajar siswa ini hanya materi yang tidak dimengerti di sekolah. Pemberian semua materi ini akan berdampak buruk terjadi kebosanan pada siswa sehingga membuat motivasi siswa dalam belajar berkurang. Jika dilihat dari segi biaya, siswa membayar materi-materi yang sebetulnya tidak diperlukan.


Problem Based Learning (PBL) memberikan materi sesuai kebutuhan sehingga jumlah pertemuan dengan pengajar les privat bisa diminimalkan. Sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan. Meskipun harga les privat tiap pertemuannya jauh lebih mahal daripada bimbingan belajar reguler. Namun untuk mendapatkan hasil yang sama yaitu supaya siswa mengerti materi pelajaran yang tidak dimengertinya di sekolah memerlukan biaya yang kurang lebih sama. Bahkan siswa akan tetap termotivasi belajar sendiri, lebih terperhatikan, suasana di rumah lebih nyamah, dan keuntungan les privat lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar